Ciri-ciri plantae dan Klasifikasi Kingdom Plantae

Dalam Kingdom plantae terdapat semua tumbuhan multi-selular dengan menggunakan sinar matahri, dan membutuhkan air untuk menghasilkan makanan sendiri dengan proses fotosintesis.

Kebanyakan organisme mereka hidup tergantung dengan tumbuhan dengan beberapa cara, yang penting tumbuhan menghasilkan oksigen yang kita hirup, hewan juga memakan makanan untuk memdapatkan energi.

Organisme pada kingdom plantae berbeda dengan kerajaan lainnya, mereka mengandung klorofil yang perlukan untuk fotosinstesis. mereka banyak diam dan mereka tidak bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya, dinding sel mereka terdapat kandungan selulosa, selulosa merupakan bahan yang memberikan bentuk atau struktur tumbuhan.

Terdapat lebih dari 260.000 spesies yang dikenal pada tumbuhan. dan tumbuhan-tumbuhan nini dibagi menjadi sub-kingdom dan super divisi. Divisi merupakan dibagi atas dasar bagaimana mereka memperoleh air. cara reproduksi dan ukuran mereka. sebagain mereka menyerap air melalui akar mereka dan sebagian lagi beredar dengan tumbuh mereka. Bberapa jenis tumbuhan mereka melakukan penyerbukan untuk bereproduksi dan sebagian yang lainnya menghasilkan umbi yang bisa men jadi tumbuhan baru tampa melakukan penyerbukan. Jenis tumbuhannya dari ukurannya yang sangat kecil sampai sangat besar dengan tinggi mencapai 100 meter.

Ciri-ciri Dari kingdom Plantae

Kingdom Plantae terdapat ciri ciri yang membedakan antara kingdom plantae dengan kingdom fungi dan jenis alga. Karakteristik tersebut di antaranya:
  • Memiliki banyak sel (Multiseluler)
  • Dapat membuat makanannya sendiri (Autrotrof )
  • Terdapat dinding dinding sel yang terbuat selulosa
  • Eukariotik
  • Hidup di perairan atau di dataratan
  • Mereka menperoleh makanan dari hasil fotosintesis yang di bantu oleh cahaya matahari
  • Bereproduksi secara Seksua yaitu putik dan benang sari ataupun Aseksual yaitu cangkok stek tunas dan lain lain.
Plantae memiliki organ dan sistem organ. terdapat daun untuk mengumpulkan cahaya matahari yang digunakan untuk membuat glukosa selanjutnya, mereka memiliki akar untuk memperkokoh dan dapat menyerap air. Alat unruk reproduksi aseksual adalah bunga.

Tumbuhan ini dikatakan telah berevolusi dan terletak di rantai makanan paling aewal. tampa tumbuhan banyak organisme tidak bisa hidup dengan baik, dan untungnya tumbuhan bisa hidup dengan lingkungan yang keras, dan beberapa vegetsi hidup di bagia bumi yang paling dingin.

Klasifikasi Kingdom Plantae

Dalam Klasifikasi makluk hidup terdapat lima kingdom, yaitu makhluk hidup yang termasuk dalam kingdom Plantae adalah lumut (Briophyta), tanaman paku (Pteridophyta), dan tumbuhan biji (Spermatophyta).

Ciri-ciri plantae dan Klasifikasi Kingdom Plantae
Tumbuhan Paku

Dalam perbedaan dan persamaan morfologisnya, mereka terbagi atas dua kelompok besar tumbuhan yaitu yang pertama tumbuhan tidak berpembuluh (Non Tracheophyta / Atracheophyta) dan yang kedua tumbuhan yang berpembuluh (Tracheophyta). Pembuluh yaitu untuk mengalirkan sari sari makanan ke bagian tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *