Kasuari Gelambir Ganda

Kasuari Gelambir Ganda dalam bahasa ilmiah burung ini dikenal dengan nama Casuarius casuarius, burung kasuari terdapat dengan 3 spesies di antara tiganya adalah Kasuari Gelambir Ganda, burung kasuari yang dewasa berukuran besar mereka bisa tinggi mencapai 170 cm, dengan bulu-bulunya yang kaku dan berwarna hitam, pada leher burung kasuari ini nampak akan warna biru dengan dua buah gelambir warna merah di lehernya, pada kepala burung ini terdapat tanduk yang tinggi dengan warna kecoklatan, kalau burung betina hampir sama dengan burung jantan kadang burung kasuari betina lebih besar dan dominan dari pada burung kasuari jantan.

Kasuari Gelambir Ganda
Kasuari Gelambir Ganda

Burung kasuari terdapat kaki yang kuat dan besar dan dikakinya terdapat 3 buah jari pasa masing-masing kakinya, jari pada kaki burung kasuari sangatlah berbahaya karena jari-jari kakinya di lengkapai dengan cakar yang sangat tajam. Habitat burung Kasuari Gelambir Ganda di dataran rendah Australia, Pulau Seram Maluku dan pulau Irian, burung dari marga Casuarius hanya terdapat satu di benua Australia yaitu Kasuari Gelambir Ganda. 

Makanan burung ini adalah buah-buahan yang jatuh di dasar tanah di dalam hutan-hutan. Burung ini biasa hidupnya menyendiri kalau berpasangan hanya disaat musim kawin dan burung ini mengerami telur dan membesarkan anaknya oleh burung jantan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *