Kasuari Gelambir Tunggal

Kasuari Gelambir Tunggal dalam bahasa ilmiah burung ini dikenal dengan nama Casuarius unappendiculatus. Burung ini terdapat bulu yang hitam dan cenderung kaku, dengan kepalanya cenderung cerah, tanduknya segitiga, tinggi dan tebal, burung kasuari ini pada kulit lehernya merah dan juga kuning, dengan gelambir tunggal berwarna biru dan kecil. kakinya berukuran besar dan kokoh, kakinya sama dengan kaki burung kasuari lainnya yaitu besar dan kuat dengan terdapat tiga jari yang dilengkapi dengan kuku yang tajam, pada anakan beragaris dengan lambat laun akan berubah menjadi coklat polos, dan lebih pucat dari spesies kasuari lain. 
Kasuari Gelambir Tunggal
Kasuari Gelambir Tunggal

Burung ini dapat ditemukan dan tersebar di Pulau Papua bagian timur, daerah kepala burung sampai S. Ramu dan pulau Yapen, pulau Batanta dan Pulau Sulawati, di ketinggian permukaan laut sampai 700 m. Terdapat dengan 4 Subspesies burung ini yang diperkirakan secara lokal, unappendiculatus, aurantiacus, occipitalis, and philipi, namun pembuktian ilmiah dari 4 subspesies tersebut masih kurang, kalau di habitatnya burung kasuari ini dapat di temukan hanya jejak kakinya sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *