Mambruk Victoria (Goura Victoria)

Mambruk Victoria (Goura Victoria) merupakan burung endemik Papua, burung ini tersebar antara hutan dataran rendah, hutan sagu dan hutan rawa di bagian utara pulau Irian, yang termasuk pulau Yapen, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, burung burung ini bersarang pada dahan pohon, sarangb di buat dari ranting-raanting dan dedaunan. Burung ini merupakan spesies terestrial.

Burung Mambruk Victoria mempunyai bulu yang lengkap dan berparuh pendek, sayapnya panjang dan mekpunyai cakar yang runcing, kalau bentuk kakinya burung ini mirip burung pejalan dan terdapat ekor yang panjang.

Mambruk Victoria adalah burung yang berukuran besar dengan panjang sekitar 74 cm, bulu burung ini berwarna biru dengan keabu-abuan, jambul pada kepalanya bagaikan kipas ujungnya putih, pada dadanya berwarna merah keuguan, paruh warnanya abu-abu dengan kaki merah kusam, terdapat garis tebal dengan warna abu-abu pada sayapnya dan ekornya, terlihat juga bagaikan topeng pada sekitar matanya dengan warna hitam dengan iris yang berwarna merah, Burung ini kalau dilihat jantan dan betina serupa.
Mambruk Victoria (Goura Victoria)
Wikipedia

Burung ini mencari makan di permukaan tanah, dan merupakan burung Herbivora, burung ini memakan biji-bijian dan buah-buahan yang jatuh di tanah.


Mambruk Victoria berkembangbiak dengan cara bertelur, biasanya burung betina akan menghasilkan sebuah telur dengan waran putih. Burung-burung ini hidup dengan pasangan kadang mereka juga berkelompok, prilaku burung ini mirip dengan merpati, dan termasuk burung setia kepada pasangannya, uniknya kalau betinanya mati burung ini tidak akan mencari pasangannya loagi.

Demikian yang dapat saya bagika tentang burung Mambruk Victoria (Goura Victoria) semoga ini dapat menanmbah wawasan buat anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *