Manfaat Tanaman Zodia

Tanaman Zonia ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Papua, dikenal dalam bahasa latin dengan nama Evodia Sauveolens tumbuhan ini banyak digunakan oleh masyarakatr lokal sebagai untuk mengusir nyamuk dan serangga. Tumbuhan ini memiliki wangi yang khas dan nyamuk dan serangga tidak menyukainya dan tidak suka mendekati tempat yang ada tanaman ini. Untuk mengusir nyamuk dengan tanaman zodia dapat dilakukan dengan cara mengosokkan daun tumbuhan zodia yang rawan di gigit nyamuk di antaranya kaki leher dan tangan dan lain-lain. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang menyukai sinar matahari, maka kalau anda menanam tanaman zodia harus anda kenakan matahari dari ruangan setiap hari. Kalau dalam penyiraman dapat dilakukan seminggu du kali. Selain digunakan sebagi pengusir nyamuk tumbuhan ini juga banyak manfaat untuk kesehatan lainnya. 

Manfaat Tanaman Zodia

Tumbuhan ni merupakan salah satu tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan atau Rutaceae, dengan tinggi tanaman mencapai 50-200 cm, dengan tinggi pada umumnya sekitar 75 cm. Dan tanaman ini bentuk daunnya pipih panjang dan lentur dengan warna hijau kekuningan. dengan panjang daunnya sekitar 2-30 cm. Tumbuhan ini bisa mencapai 2 meter kalau tumbuh bebas di habitatnya. Tumbuhan ini tumbuh dan menyebar antara ketinggian 400-2000 meter dari permukaan laut. Tumbuhan ini dapat di perbanyak dengan stek batang atau melalui bijinya.


Kandungan Tanaman Zodia

Dalam tumbuhan ini terdapat akan kandungan evodiamine dan rutaecarpine. Pada daun tanaman ini terdapat kandungan linalool dan a-pinene .

Manfaat
Manfaat lainnya dari tumbuhan ini sebagai anti kanker, dapat menghilangkan bau badan, tonik yang bisa menambah stamina tubuh, sekit kepala, pereda malaria dan demam, desentri dan masuk angin.

Burung Kasuari Kerdil (Casuarius Bennetti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *