Owa owa Endemik Kalimantan

Owa owa dikenal juga dengan Kalempiau atau Gibbon Kalimantan hewan ini dikenal dalam bahasa latin dengan Hylobates muelleri. Hewan ini adalah jenis primata yang masuk dalam keluarga Ungko.

Gibbon Kalimantan memiliki warna bulu dengan warna coklat atau abu-abu dengan menutupi tubuhnya, dan terdapat bulu yang warna terang yang melingkari wajahnya, dan terdapat pula bulu dengan warna hitam yang bagaikan topi di bagian kepala Owa-owa.

Hewan ini merupakan hewan Endemik pulau Kalimantan yang merupakan primata kecil dalam keluarga Ungko. Owa-owa memiliki berat sekitar 5,7 kg, owa-owa juga melindungi anggotanya dengan bersuara yang keras dan panjang.

Owa owa Endemik Kalimantan
Wikipedia

Habitat Owa-owa terdapat di Kalimantan dengan hidup di hutan hujan tropis di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Mereka memakan buah-buahan, mereka terdapat tangan yang panjang ini berguna sebagai untuk berpindah-pindah dari pohon satu ke pohon lainnya dengan cara berayun-ayun di pepohonan.

Hewan owa-owa merupakan hewan yang setia kepada pasangannya atau di kenal dengan hewan Monogami, mereka hanya memiliki pasangan satu dalam seumur hidup. Kalau dalam reproduksi tidak banyak hal diketahui pada owa-owa, kemungkinan tidak jauh berbeda dengan jenis Ungko lainnya.

Menurut List IUCN hewan ini masuk dalam terancam punah (EN), dengan ini maka pemerintah harus bertindak tegas untuk menyelamatkan hewan ini dari kepunahan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *