Sekilas Tentang Ordo Lepidoptera

Lepidoptera ini berasal dari bahasa yunani yaitu lepidos (sisik) dan ptera (sayap). jadi yang di maksud dengan nama Lepidoptera merupakan "sayap bersisik". Serangga dari ordo ini ada yanhg besar dan kecil dengan sayapnya 4 sayap dan tertutup dengan sisik, selain itu badan dan kaki-kakinya juga tertutup dengan sisik, antena pada serangga dari ordo ini ada yang seperti sikat ada juga yang sperti benang. Pada bagian mulutnya di lengkapi dengan alat pengigit dan penghisap yang seperti belalai yang disebut dengan nama proboscis.

Badannya terdiri dari 13 segmen dengan mempunyai 3 pasang kaki pada thoraks, dan kaki bagian perut yang disemut dengan kaki semu, pada setiap kaki semu terikat dengan segmen perut 6,7,8,9 dan 12. Di ujung-ujung kaki semu terdapat seperti kait dari katin, jika sudah dewasa sayap-sayapnya menutupi tubuhnya di saat serangga ini istirahat (Heterocera), ada juga yang jenis sayap lurus tegak di atas badannya di saat istirahat yang disebut dengan (Rhopalocera), Kalau serangga ini aktif pada malam hari disebut dengan ngengat dan kalau mereka aktif pada siang hari maka disebut dengan kupu-kupu.

Sekilas Tentang Ordo Lepidoptera

Dari ordo Lepidoptera pada saat stadium larva atau ulat saja yang masuk kedalam hama, dan beberapa di antaranya ada pula yang predator. Kalau serangga sudah dewasa kebanyakam mereka pamakan atau penghisap madu (nektar). Sayap-sayap terdiri dari dua pasang dengan membranus yuangh ditutupi oleh sisk-sisik dengan warna warni. Di bagian kepala terdapat mulut serangga yaitu penghisap dan di larva terdapat mulut penggigit, kalau yang dewasa merupakan mulut tabung yang dikenal dengan nama proboscis, mandibula dan palpus maxillaris pada umumnya mereduksi, palpus labialis mereka berkembang dengan sempurna. Metamorfose tipenya sempurna "Holometabola" yaitu perkembangannya lewat stadia ayitu telur > larva > kepompong > dewasa. Larva bertipe polipoda, memiliki baik kaki thoracal ataupun abdominal, sedangkan pupanya dengan tipe obtekta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *