Desain Logo Murah Online Hubungi Kami Disini

Tanaman Bunga Kacapiring yang Harum dan Berkhasiat

Kacapiring merupakan salah satu tanaman hias, selain digunakan sebagai tanaman hias tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman obat di Indonesia. Nama latin dari tanaman kacapiring adalah Gardenia Jasminoides. Kacapiring memiliki bunga yang canti dan harum dengan buanganya yang warna putih dan dikenal juga sebagai tanaman obat di Indoensia. 
Tanaman Bunga Kacapiring Yang Harum dan Berkhasiat

Kalau dalam bahasa inggris tanaman ini dikenal dengan nama Gardenia, Danh-danh dan Cape jasmine. Kalau di Indonesia tanama kaca piring dikenal juga dengan beberapa nama daerah di antaranya raja puteh dan meulue bruek dalam bahasa Aceh, Sunda dikenal dengan nama Kaca Piring, Ceplok Piring, Cepring dan kaca piring di Jawa, Jempiring Di Bali dan Sang Klapa (Maluku).

Bung kaca piring merupakan bunga tunggal, dengan memiliki tangkai yang pendek dan timbul dari ujung ranting, bunganya tersusun dengan rapi sampai terdapat belasan helai bunga dengan warnanya yang putih dan mengeluarkan harum yang wangi dan khas. Jika dilihat sekilas bunganya tampak bagaikan bunga tanaman melati. 

Tanaman ini banyak terdapat di Indonesia, walaupun bunga ini banyak terdapat di Indonesia akan tetapi bukan berasal dari Indonesia, beberapa sumber menyebutkan tanaman ini berasal dari china dan jepang. pada abad ke 18 tanaman bunga kaca piring masuk ke indonesia dan menyebar di berbagai wilaya di Indonesia. Untuk perbanyak tanaman ini tidak sulit, tanaman dapat di perbayak dengan pengcangkokan dan menggunakan biji dan hisa juga dilaukan denganm stek batang.

Tanaman ini banyak dijadikan sebagai tanaman hias di perkarangan rumah, dan untuk taman dan banyak juga dijadikan sebagai bunga potong dalam pembuatan karangan bunga. orang-orang banyak menykai tanaman ini karena bunganya yang canti dan harum yang khas.

Selain diguanakan sebagai tanaman hias dan bunga potong pada rangkaian bunga tanaman ini juga banyak khasiat bagi kesehatan yang dapat diguanakan akar, daun dan bunganya, beberapa penyakit yang dapat sembuhkan oleh tanaman kacapring di antaranya 
  • Leukimia
  • Sakit Kuning
  • Hepatitis
  • Demam dan mimisan
  • Kemih dan buah air besar berdarah
  • Muntah darah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cendrawasih Merah

Burung Cendrawasih Merah merupakan salah satu burung endemik Papua, Burung cantik ini dikenal dalam bahasa latin dengan nama Paradisaea Ru...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *