Tumbuhan Kasturi atau Mangifera casturi

Tumbuhan Kasturi merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Kalimantan Selatan dan tumbuhan ini adalah flora identitas Provinsi Kalimantan Selatan. Tumbuhan ini selain dikenal dengan nama Kasturi juga dikenal dengan nama Mangga Kalimantan. Tumbuhan in tersebar di kawasan Kalimantan Selatan di antaranya daerah Martapura, Tanjung dan Kandangan. dan juga tanaman mangga ini terdapat juga di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Tumbuhan Kasturi masuk dalam keluarga mangga-manggan (Mangifera).

Tumbuhan Kasturi atau Mangifera casturi

Pohon Kasturi ketinggiannya mencapai di atas 25 meter, diameternya 40 sampai 115 cm, buah tumbuhan ini kecil kalau beratnya sekitar 50 sampai dengan 75 gram, dengan bentuk buahnya yang bulat dan bulat memanjang, buah dari tumbuhan ini kalau muda warna buahnya hijau kalau sudah matang akan berubah perlahan mejadi warna ungu. Daging dari buah kasturi warnanya jingga rasanya manis khas. Tumuhan ini sama seperti tumbuhan yang masuk dalam genus mangifera, pohon kasturi memiliki akar tunggang kokoh. Dengan daunnya yang warna hijau dan tunggal tulang daunnya menyirip, pada tumbuhan ini terdapat beberapa kandungan senyawa kimia yaitu Metabolit sekunder. yaitu fenolik, saponin (bagian kar tumbuhan) dan terpenoid.

Buah Tumbuhan kasturi sangat lebat, bahkan bisa berbuah sampai ribuan buah dalam satu pohon, buahnya warna hijau bila masih muda, dan warna ungu bila sudah matang, buah-buahnya akan berjatuhan sendiri atau tiupan angin kalau sudah matang. Daging buah tanaman kasturi beraroma harum dan khas, rasa dagingnya manis.


Comments
4 Comments

4 komentar:

Kayu Balau Merah, Kayu Tahan Jamur

Kayu Balau Merah ( Shorea balangeran ) merupakan salah satu jenis kayu Meranti yang tumbuh di lahan rawa gambut, dan tumbuhan ini masuk...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *