Tumbuhan Obat Asam Urat

Bagi anda yang memiliki penyakit asam urat sangat mengaggu dalam kehidupan anda, biasanya penyakit ini kalau kambuh akan menimbulkan rasa nyeri luar biasa pada persendian, penyakit asam urat biasanya menyerang orang pada usia 40 tahun ke atas, biasa pada umur tersebut terjadi penurunan fungsi penyerapan nutrisi baik di ginjal dan saluran pencernaan, akibatnya zat yang seharusnya di buang dalam urin maka menumpuk di dalam tubuh, tidak hanya faktor usia saja yang bisa kenak penyakit ini, makanan yang kurang sehat juga bisa menyebabkan penyakit ini.

Asam urat merupakan suatu kondisi dimana zat asam urat dalam tubuh meningkat. Penumpukan zat ini diakibatkan karena zat purin yang menghasilkan asam urat, ini juga karena pengeluaran zat purin lebih rendah dari pada penyerapan maka terjadi kelebihan zat asam urat dalam tubuh. kelebihan zat asam urat ini akan terakumulasi pada persendian maka akan menyebabkan berbagai keluhan, nyeri atau sakit dan akan mengakibatkan pembengkakan pada daerah yang nyeri seperti tangan dan kaki.

Tumbuhan Obat Asam Urat
Add caption

Berikut ini adalah beberapa tanaman yang di percaya dapat menyembuhkan penyakit asam urat.

Brotowali
Brotowali merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat utnuk kesehatan, dan tanaman ini merupakantanaman asam urat. Cara mengolahnya pun sangat sederhana, cukup dengan merebus, disaring dan diambil aiirnya, air rebusan ini dikenal dengan rasanya yang pahit, tapi ini bisa menurunkan asam urat. 

Kumis Kucing
Berikutnya tanaman herbal yang dapat menyembuhkan penyakit asam urat adalah kumis kucing, tanaman ini dikenal sebagai untuk menghancurkan batu ginjal, dan ternayata tanaman ini bisa menyembuhkan asam urat,l tanaman mudah di temukan di lingkungan kita dan tumbuhan ini tumbuh liar di selokan dan pinggir sungai, tetapi sekarang tanaman ini banyak ditanam di rumah-rumah karena sudah tahu manfaatnya.

Pada tanamankumis kucing terdapat kandungan orthosiphonin glikosida dan diuretik kandungan ini akan merangsang pengeluaran zat asam urat dalam tubuh melalui urin, selain itu tanaman ini juga memiliki kandungan zat sinsetin yang bisa mencegah peradangan dan infeksi saluran kemih. untuk menyembuhkan asam urat maka anda bisa meminum air rebusan daun kumis kucing secara teratur.

Jahe Merah
Jahe Merah dikenal untuk mengobati radang tenggorokan, akan tetapi jahe merah bagus juga untuk mengobati asam urat. Cara mengolahnya buatlah jahe merah sebagai minuman atau dikenal dengan wedang jahe. Jahe merah mampu membuang asam urat dalam tubuh yang menumpuk dan juga bisa menyembuhkan peradangan sendi dan jahe merah bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sambiloto
Sambiloto dikenal juga dengan tanaman herbal yang banyak khasiat untuk keseatan, tanaman ini berasal dari India, akan tetapi tanaman ini bisa tumuh di Indonesia dan mudah kita temukan, tanaman ini bisa mengobati asam urat dengan cukup ampuh dan seluruh bagian pada tanaman bisa digunakan sebagai obat, namun yang sering digunakan sebagai obat adalah daunnya, cara mengolahnya pun mudah cukup dengan merebusnya dan dimunum air rebusannya. Kandungan pada tanaman Sambiloto antara lain Keton, aldehid, alkane, flavanoid dan beberapa mineral penting seperti kalsium, nutrium dan kalium.

Daun Salam
Orang-orang banyak mengenal daun salam sebagai bumbu dapur ternyata daun salam juga bagus untuk mengobati penyakit asam urat, daun salam dikenal dengan aromanya yang harum. Cara mengobati asam urat dengan daun salam mudah dan tidak perlu repot, cukup dengan merebusnya dan minum airnya secara teratur. Pada daun salam terdapat kandungan tanin, flavanoid, dan minyak atsiri yang efektif bisa menyembuhkan penyakit asam urat.

Sidaguri
Sidaguri merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh liar bersama rumput, tanaman ini juga bisa menjadi tanaman untuk menyembuhkan asam urat, pada tanaman ini mengandung zat alkaloid ephedrine dan bersifat diuretik. Rebuslah tanaman Sidaguri bersama bijinya, ambil airnya dan miunumlah secara teratur, selaian bisa menyembuhkan asam urat juga bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan pada saluran kencing dan berkhasiat untuk menambah stamina.

Selain mengkonsumsi tanaman untuk menyembuhkan asam urat yang di atas anda juga harus mengatur pola hidup sehat sperti berolahraga dengan teratur, tidak banyak memakan makanan yang berlemak dan tidak mengkonsumsi alkohol. Perbanyak minum air putih. Selain itu anda juga harus menghindari makanan yang mengandung zat purin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Burung Cuculidae Bertelur Dengan Merugikan Burung Lain

Burung Cuculidae merupakan keluarga burung dari ordo Cuculiformes , burung ini tersebar di benua Australia dan dunia lama. Jenis burung d...

Kirim Pesan

Nama

Email *

Pesan *